PROFIL SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. LATAR BELAKANG
Pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang optimal sebagai salah satu unsur kesejateraan umum seperti yang dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945.
Pengembangan tenaga kesehatan sebagai bagian dari pembangunan kesehatan diarahkan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang ahli dan terampil sesuai dengan perkembangnan ilmu dan teknologi, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpegang teguh pada pengabdian kepada bangsa, Negara dan etika profesi.
Salah satu usaha pengembangan tenaga kesehatan ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan kabupaten dan kota, serta negara lain dalam rangka era globalisasi.
Pendidikan menengah kejuruan ditunjukan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu bekerja pada bidang tertentu dan dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Sekolah Menengah Kejuruan Program Farmas ( SMK Farmasi ) sebagai salah satu institusi pendidikan yang ditujukan agar peserta didik mampu melaksanakan pekerjaan pelayanan kefarmasian sebagai salah satu dari pelayanan kesehatan dibawah bimbingan tenaga farmasi profesional.
SMK Farmasi “ Harapan Massa “ Beji Depok didirikan pada tahun 2003 dan mulai beroperasi tahun 2003, sebagai salah satu wujud peran serta masyarakat dalam pendidikan yaitu ikut mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
B. DASAR HUKUM :
1. Berdirinya SMK Farmasi “ Harmas” Beji – Depok berdasrkan pada :
a. Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kodya Depok No 421.4/ 1410/ Disdik/2002 tanggal 2 September 2003
b. Surat Rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan Kodya Depok No 441/ 1091 – Yankes tanggal 4 Agustus 2003
2. Rekomendasi lain yaitu :
a. ISFI Propinsi Jawa Barat no. 03 / REK/ISFI/JB/XII/2005 tanggal 5 Desember 2005
b. ISFI Kodya Depok no 90/ REK/ISFI/DP/XII/2005 Tanggal 10 Desember 2005
C. VISI – MISI
1. Visi : Menjadi tempat pendidikan tenaga farmasi dasar yang lulusannya berahlak mulia dan diakui kompetensinya baik ditingkat maupun nasional
2. Misi :
a. Meningkatkan kualitas pendidikan
b. Membentuk akhlak mulia dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
c. Meningkatkan jejaring kerja dengan stakeholders baik ditingkat regional maupun nasional
3. Tujuan
Menjadikan lulusan SMK Farmasi Harapan Massa seorang pribadi berakhlak mulia yang berkompeten dalam teori maupun praktek dibidang kerjanya.
E. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMK FARMASI HARAPAN MASSA
Kode Sekolah : 163
Status Sekolah : Swasta
NSS : 322022401072
Akreditasi : 1. Program FARMASI = B (No : 02.00/017/BAS/2007)
berlaku mulai 15 Januari 2007 s.d. ……………………..
Alamat Sekolah : PERUMAHAN DEPOK INDAH II BLOK G NO 15 BEJI DEPOK.
Telp. (021) 7752595, Fax (021) 7752595
Kode Pos : 16421
Website : …………………………………………………………………………………………………………………….
Kurikulum : KTSP
F. IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
Nama : Hartati, S.Si. Apt
NIP : …………………………………………………………………………………………………………………….
Izin Memimpin :
Nomor : 421.4/961/Disdik/2010
Kepala SMK FARMASI HARAPAN MASSA
Berlaku tanggal : 2009-2010 s.d. 2010-2011
Alamat Rumah : Jln.Raya Muchtar Gang Masjid Ar.Rahman Rt 02/07, Sawangan Baru Depok.
Telpn. ……………………, Kode Pos :16511
Email : ……………………………………………………
Nomor Handphone : 08176348055
G. PENYELENGARAAN UJIAN NASIONAL
Kode | Program Keahlian | Penyelengaraan UN | Kode | ||
Mandiri | Menggabung | Sekolah | |||
Program | yang | ||||
digabungi | |||||
120 | FARMASI | | V | | |
H. REKAPITULASI SISWA
1. Jumlah Siswa Kelas 1 Tahun Pelajaran 2011/2012
Kode | Program Keahlian | Jumlah Siswa | |||
Program | L | P | JML | ||
120 | FARMASI | 24 | 93 | 117 | |
| Jumlah | 24 | 93 | 117 |
2. Jumlah Siswa Kelas 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
Kode | Program Keahlian | Jumlah Siswa | |||
Program | L | P | JML | ||
120 | FARMASI | 13 | 53 | 84 | |
| Jumlah | 13 | 53 | 84 |
3. Jumlah Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 2011/2012
Kode | Program Keahlian | Jumlah Siswa | |||
Program | L | P | JML | ||
120 | FARMASI | 14 | 53 | 67 | |
| Jumlah | 14 | 53 | 67 |
I. KETENAGAAN
1. Tenaga Pengajar
a. Pendidikan dalam tabel
Tingkat Pendidikan | Jumlah |
S 2 | 2 |
S 1 | 23 |
D 3 | 3 |
b. Profesi
Pendidikan Profesi | 11 Apoteker |
c. Daftar Guru Pengajar Tetap dan Tidak Tetap
NO | NAMA GURU/KARYAWAN | IJASAH TERAKHIR | STATUS | JAM MENGAJAR | MATA PELAJARAN | ||
DPK | GTY | GTT | |||||
1. | Hartati, S.si. Apt | S1 + Akta IV | | √ | | 14 | Res. Resep |
2. | Dra. Sri Muharni B, S.si. Apt | S1- Apoteker | | √ | | 9 | Farmakognosi |
3. | Ian Sulanjani, S.Si | S1 - Matematika | | √ | | 20 | Matematika |
4. | Janu Topan H, S.Pd | S1-B. Inggris | | √ | | 28 | B. Inggris |
5. | Alif Wahban A, S.Si | S1- Apoteker | | √ | | 21 | Ilmu Resep |
6. | Afrianty Ayu P, S.Si.Apt | S1- Apoteker + Akta IV | | √ | | 6 | Kimia Dasar |
7. | Rini Hasanah, S.Si. Apt | S1- Apoteker | | √ | | 14 | Farmakologi |
8. | Dra. Jetty Z Ghajali, Apt.MM | S2-Apoteker | | | √ | 7 | UUK |
9. | Dika Amelia Ifani, M.Si.Apt | S2 –Kimia | | √ | | 8 | Kim.analisa |
10. | Suhadi, B.Sc | D 3 Akuntansi | | | √ | 21 | Adm. Farmasi |
11. | Sri Purwaningsih, S.Si | S1-Matematika | | | √ | 8 | Matematika |
12. | Dra. Nina Marliana | S1-Fisika | | V | | 16 | Fisika, IPA |
13. | Ali Mursofi, S.Ag | S-1 Agama + Akta IV | | | √ | 14 | Agama Islam |
14. | Erwin Idris | S1- Kewirausahaan | | | √ | 12 | Kewirausahaan |
15. | Bayu Sukmana, S.Komp | S – 1 Komputer | | | √ | 14 | KKPI |
16. | Rudi Irawan, MPd | S-2 IPS Akta IV | | | √ | 14 | PKN, IPS |
17. | Enjang Zaenuri, MZ | S-1 Pendidikan | | | √ | 5 | B.Sunda, Seni budaya |
18. | Lukman Hakim, S.Pd | S-1 Pendidikan | | | √ | 10 | Penjaskes |
19. | Fitri Diana Sari, S.Pd | S -1+ Bahasa | | | √ | 14 | B. Indonesia |
20. | Drs. Sa’arih | S1- Biologi | | | √ | 17 | Biologi, BTO |
21. | Rian Rahmawati, S.Fam.Apt | S.Fam + Apt | | | √ | 7 | IKM |
22. | Hardiyanto, S.Pd | S-1 Pendidikan | | V | | 5 | PLH, IPA |
23. | Oktriyani, S.Si.Apt | S1- Apoteker | | V | | 9 | Peng. Prak. Resep |
24. | Siti Alfiah, S.Pd | S-1 Pendidikan | | V | | 7 | Bimbingan Konseling |
25. | Aster Nila, S.Si.Apt | S1- Apoteker | | | √ | | Peng. Prak. Resep |
26. | Zaldy Irza Pahlevi, S.Si.Apt | S1- Apoteker | | | √ | | Kim.Anorganik, Kim.Organik |
27. | Muh. Yahya, S.Si.Apt | S1- Apoteker | | | √ | | Peng. Prak. Resep |
28. | Drs. Sutiarso | S1- Apoteker | | | | | |
d. Tenaga Non Pendidikan
No. | Nama | Pendidikan | Status |
1. | Janu Topan hariyono, S.Pd | S 1 + Pendidikan | Kepala Tata Usaha |
2. | Hardiyanto, S.Pd | S 1 + Pendidikan | Pegawai (Tata Usaha) |
3. | Nenny Nuraini, Amd | D3 MI | Pegawai (Tata Usaha) |
4. | Eni Kustini | SMA | Pegawai (Tata Usaha) |
5. | Muhammad Aril | SMA | Pekarya Laboratorium |
6 | Asep Hermawan | SMA | Pekarya |
7 | Andi Sucipto | SMA | Pekarya |
J. KURIKULUM ( PBM)
1. Kurikulum
a. Mengacu pada SMK Farmasi 2004/Draf
b. Khusus Produktif mengacu kurikulum SMF ( Sekolah Menengah Farmasi th. 2001)
c. Kurikulum SMK tahun 2006 dan penyusunan KTSP
2. PBM
Kegiatan pembelajaran dilakukan pada pagi hari dari pkl : 7.00 sd. 17.15 seperti bagan terlampir
No | NAMA KEGIATAN | HARI | WAKTU | TEMPAT | KETERANGAN |
1. | KBM | Senin-Jumat | 07.00-16.45 | Sekolah | |
2 | Lab. Resep | Senin, rabu dan Jumat | 07.00-16.45 | Sekolah | |
Lab. Kimia | Selasa dan Kamis | 07.00-16.45 | Sekolah | | |
Lab Komputer | Senin, selasa dan Rabu | 07.00-16.45 | Sekolah | | |
Extra Kulikuler | Sabtu | 09.00-16.00 | Sekolah | |
K. MINAT PENDAFTARAN
1. Jumlah Pendaftar TP : 2007 – 2008 : 59
Jumlah Pendaftar TP : 2009 – 2010 : 120
Jumlah Pendaftar TP : 2010 – 2011 : 190
Seleksi melalui:
- Tes Tulis Akademik (Matematika, B.Indonesia, B.Inggris, dan IPA)
- Tes Kesehatan
- Psikotes dan Wawancara
L. LAHAN PRAKTEK ( PKL)
a. Puskesmas se Kota Depok
b. Rumah Sakit se Kota Depok
c. Apotek se Kota Depok dan sekitarnya
M. FASILITAS
Tanah : 3000 m2
Milik : Hak Milik ( Pembina Yayasan )
Surat Kepemilikan : Setifikat
Surat Ijin Bangunan : No. 664.2/04/PM2002,664.2/13/DB/2002
Luas Tanah : 252 M2
N. PRASARANA SMK
No | Nama Ruang | Jumlah Dan Ukuran (M2) | Luas (M2) | Keadaan |
1. | Ruang Kelas | 7 ( 72 x 7 ) | 504 | Baik |
2. | Ruang Kepala Sekolah & wakil | 2 ( 18 x 2 ) | 36 | Baik |
3. | Ruang Tata Usaha | 1 ( 49 x 1 ) | 49 | Baik |
4. | Ruang Guru | 1 ( 42 x 1 ) | 42 | Baik |
5. | Ruang Bersama ( Aula ) | 1 (180 x 1) | 180 | Baik |
6. | Ruang Laboratorium Resep | 1 ( 72 x 1 ) | 72 | Baik |
7. | Ruang Laboratorium Kimia | 1 ( 72 x 1 ) | 72 | Baik |
8. | Ruang Lab Komputer | 1 ( 72 x 1 ) | 72 | Baik |
9. | Ruang Ibadah | 1 ( 12 x 1 ) | 12 | Baik |
10. | Ruang Kantin Sekolah | 1 ( 25 x 1 ) | 25 | Baik |
11. | Ruang Toilet | 7 ( 8 x 3 ) | 24 | Baik |
12. | Ruang Gudang | 3 ( 8 x 2 ) | 16 | Baik |
13. | Ruang Penjaga Sekolah | 1 ( 5 x 1 ) | 5 | Baik |
O. SARANA DAN PRASARANA/ ABBM
NO | NAMA ALAT | JUMLAH | KEADAAN | |
BAIK | RUSAK | |||
1. | Papan Tulis | 7 | √ | |
3. | Bola Volley | 4 | √ | |
4. | Bola Basket | 2 | √ | |
5. | Bola Kaki | 3 | √ | |
6. | Komputer | 21 | 15 | 6 |
7. | Timbangan Besar ( Resep) | 23 | √ | |
8. | Timbangan Kecil ( Resep ) | 22 | √ | |
9. | Meja Lab ( Resep ) | 40 | √ | |
10 | Lemari Obat | 5 | √ | |
11 | Rak Bahan | 10 | √ | |
12 | OHP | 2 | √ | |
13 | Sound System | 1 | √ | |
P. KEADAAN PERABOT SEKOLAH
NO | RUANG | NAMA PERABOT | JUMLAH | KEADAAN | |
BAIK | RUSAK | ||||
1. | Kelas ( 7 Kelas ) | Meja / Kursi Kipas Angin | 267 14 | √ √ | |
2. | Guru | Meja Kursi Lemari AC | 7 7 7 2 | √ √ √ √ | |
3. | Kepala Sekolah Dan Wakil | Meja Kursi Lemari AC Rak Buku | 2 2 2 1 2 | √ √ √ √ √ | |
4. | Tata Usaha | Meja Kursi Lemari Komputer Laptop AC | 4 4 5 2 2 1 | √ √ √ √ √ √ | |
5. | Kesiswaan | Meja Kursi Lemari | 1 1 1 | √ √ √ | |
6. | Ruang Lab Komputer | Meja Kursi Komputer | 21 21 | √ √ | |
7. | Ruang Laboratorium | Meja Kursi Resep & Kimia Rak Kipas Angin exhause AC | 46 30 5 4 8 4 | √ √ √ √ √ √ | |
Q. R.I.P ( RENCANA INDUK PENGEMBANGAN )
No. | Th/Pengembangan | 2006 | 2007 | 2008 | 2009 | 2010 |
1. | Ruang Kelas | Penambahan 2 Ruang kelas | - | Penambahan 2 Ruang kelas | - | Penambahan 4 Ruang kelas |
2. | Ruang Laboratorium | Kelengkapan Lab. Farmakognosi | - | - | Penambahan 2 Ruang kelas | - |
3. | R. Simulasi | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi |
4. | Perpustakaan | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi |
5. | Locker Siswa | - | Pembuatan | - | - | - |
6. | Saran OR/Ibadah | Melengkapi | Ruang Ibadah | - | - | - |
7. | Ruang Guru & TU | Melengkapi | Melengkapi | Melengkapi | - | - |
R. MASALAH DAN PEMECAHAN
a. Masalah
i. Belum sempurnanya laboratorium farmakognosi
ii. Belum tersedianya Lab Bahasa
iii. Belum tersedia lahan Parkir yang memadai
iv. Dana terbatas hanya dari orang tua murid
b. Pemecahan
i. Melengkapi sarana laboratorium farmakognosi untuk persiapan
PKL dan ujian produktif.
ii. Mengoptimalkan kelas yang ada dengan pengadaan alat bantu BM.
iii. Memanfaatkan lahan yang ada untuk sarana Parkir
0 komentar:
Post a Comment